Beberapa Soalan kepada Ustadku [55]

 UMMUL MUKMININ AISYAH RA 

Benarkah apa yang dikatakan mereka (Syi’ah) bahwa Ibnu Zubair telah mengibuli dan menipu Aisyah Ra sehingga dia tergoda untuk melaksanakan perang Jamal, pertumpahan darah dan pembantaian di antara kaum Muslim. Sebagaimana peristiwa getir ini diceritakan oleh Abdullah bin Umar kepada Aisyah Ra.

Dzahabi berkata:“Aisyah Ra berkata ketika Ibnu Umar lewat di hadapannya, Wahai Abu Abdurrahman apa yang membuatmu enggan untuk melarangku dari perjalanan ini? Dia berkata: Aku melihat seorang laki-laki yang telah mempengaruhi dan merayumu yaitu Ibnu Zubair”. [1]

Dengan realitas sejarah seperti ini, kenapa kita selalu memberikan alasan bagaimana perang Jamal itu bisa terjadi, dan kita mencoba memadamkan api itu, dan kenapa kita mencoba pula membersihkan diri orang-orang yang telah memprovokasi terjadinya perang Jamal itu serta kenapa kita sandarkan hal ini kepada seorang manusia fiktif yang bernama Abdullah bin Saba? Kenapa kita mencoba memisahkan Abdullah bin Zubair dan yang lain, dari kelompok yang memprovokasi perang ini?

 


[1] . Tabaqat Ibnu Sa’ad,  2: 193.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Salam ‘alaykum.
    Bisakah Penulis Blog membuat tulisan yg memuat riwayat2 “gonggongan anjing Haw’ab”? Riwayatnya dimulai dari riwayat sabda Nabi Muhammad saw. tentang hal tsb hingga riwayat yg menarasikan saat2 peristiwa tsb terjadi. Lebih lengkap bila disertai tafsiran ulama Sunni seperti Nashiruddin Al-Albani yg -menurut kabar yg saya dapat- membuat tafsiran tersendiri ttg hadis2 hal ini.
    Seperti biasa, mohon disertakan sumber rujukan kitab2-nya. Semoga tidak merepotkan. Terima kasih & Salam ‘alaykum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: